Kejadian 6:9 diterjemahkan oleh LAI “hidup bergaul dengan Allah”, terjemahan yang asli sebenarnya adalah “berjalan”, di dalam alkitab hidup itu dipakai kata berjalan, bukan bergaul, maka dalam bahasa Inggris, Ibrani dan Yunani selalu memakai kata berjalan, kenapa begitu? Karena alkitab memahami kehidupan sebagai satu perjalanan, konsep waktu yang bersifat linear. Berjalan bersama Tuhan ini yang akan kita pelajari dari empat poin kehidupan Nuh.
Pertama, berjalan bersama Tuhan adalah berjalan di dalam kesendirian di tengah zaman yang melawan Tuhan. Gambaran mengenai dosa pada zaman Nuh digambarkan dengan begitu luar biasa dalam ayat 5, 6 dalam bagian ini dipakai dua istilah, selalu dan semata-mata, ini bukan terjemahan, memang aslinya seperti itu. Kecenderungan hatinya selalu dan semata-mata membuahkan kejahatan. Dalam Amsal 4 dikatakan hati adalah pusat dari kehidupan manusia, dari hatilah terpancar seluruh kehidupan, kalau kecenderungan hati sudah kejahatan semata-mata, berarti hidup dalam zaman Nuh begitu rusak. Dalam ayat 11-12 istilah rusak itu muncul tiga kali, sampai Tuhan begitu kecewa dan Tuhan menggambarkan kekecewaan itu di dalam istilah menyesal. Samuel berkata kepada Saul, Tuhan bukanlah manusia yang bisa menyesal, tetapi kalau sampai dipakai istilah menyesal, berarti itu dukacita yang begitu mendalam.
Di dalam bagian-bagian yang kita baca ini Nuh digambarkan sebagai sosok yang sendiri, dalam Kej.7:1 dikatakan, … sebab engkaulah yang Kulihat benar dihadapanKu diantara orang zaman ini, berjalan sendiri di tengah-tengah orang yang se-zaman, yang melawan Tuhan. Kita lihat Lukas 17:26-28, ada perbedaan gambaran yang digambarkan oleh Tuhan Yesus di dalam kehidupan zaman Nuh dan zaman Lot. Di dalam zaman Nuh digambarkan hanya dua aktivitas yaitu food and sex, di dalam zaman Lot digambarkan empat aktivitas, makanan, berdagang, agribisnis dan konstruksi, apa maksudnya? Di dalam zaman Nuh hanya dua food and sex, seperti binatang, hanya makanan dan seks, di dalam zaman Lot ada makanan, berdagang, agribisnis dan konstruksi, kenapa Tuhan Yesus di dalam zaman Nuh tidak melihat ada berdagang, agribisnis dan konstruksi? Di sini kita melihat Tuhan Yesus menganggap bahwa di dalam zaman Nuh itu adalah the end of civilization, berhentinya peradaban. Kalau manusia sudah hidup di drive oleh food and sex, seperti binatang, maka di situ peradaban sudah berhenti.
Zaman Lot adalah zaman yang begitu rusak, sampai Tuhan memusnahkan Sodom dan Gomora, tetapi zaman Lot di sini digambarkan lebih baik dari pada zaman Nuh. Maka kita baru mengerti kenapa zaman Nuh semua dimusnahkan kecuali keluarga itu. Seluruh Sodom dan Gomora dimusnahkan kecuali keluarga itu, tetapi hanya Sodom dan Gomora, pada zaman Nuh, seluruh zaman dimusnahkan kecuali dari keluarga Nuh, kita melihat di sini Tuhan Yesus menggambarkan dengan luar biasa. Pada zaman Nuh itu adalah the end of civilization, berhentinya peradaban, manusia sudah hidup dengan begitu menakutkan, tidak heran, Tuhan tidak memberikan kesempatan manusia hidup lagi.
Inilah zaman yang dihadapi oleh Nuh, Nuh berjalan sendiri menghadapi zaman yang begitu melawan Tuhan, kalau Nuh berdiri sendiri, dengan keluarganya menghadapi zaman, maka kita harus berpikir, Nuh adalah orang kristen, orang percaya yang sulit di dalam hidupnya. Caba kalau kita bayangkan, Nuh pasti memiliki besan, lalu dimana besan, mertua, dll dari Nuh? Berarti mereka tidak mengikuti apa yang diberitakan oleh Nuh (dalam kitab 2 Petrus 2:5, Nuh dikatakan sebagai pemberita kebenaran itu), berarti Nuh memberitakan kebenaran, mereka tidak mau mendengar. Jadi dimana mereka semua, baik tukang, besan, mertua dll? Nuh bergumul sendiri di dalam zaman itu, berjalan sendiri dengan keluarganya, kesendirian berjalan bersama Tuhan itu adalah berjalan di dalam kesendirian zaman.
Hal itu tidak mudah, coba kita bandingan lagi, kalau kita lihat waktu Paulus bergumul dengan duri dalam daging, jangankan menghadapi zaman bergumul dengan diri sendiri saja sudah sulit, duri dalam daging, aku berdoa tiga kali, minta supaya Tuhan cabut iblis yang menggocoh aku. Jangankan bergumul dengan zaman, bergumul dengan keluarga saja sulit, sekarang kita bayangkan Nuh harus bergumul sendiri, berjalan dalam perjalanan hidupnya menghadapi zaman sendirian. Pergumulan Nuh adalah representasi pergumulan saudara dan saya, orang kristen, di dalam perjalanan kita bersama Tuhan kita bergumul sendiri.
Dalam alkitab, orang-orang yang menghadapi zaman itu reaksinya berbeda-beda, Lot menghadapi zaman, dia kompromi, Elia menghadapi zaman, dia melarikan diri, Nuh menghadapi zaman, dia berdiri ditempatnya bersama dengan Tuhan. Kita mau menempuh jalan Elia, Lot atau Nuh? Bergumul dalam kesendirian zaman, inilah pergumulan orang kristen, kita hidup di dalam kerumunan banyak orang, kebisingan, karena suara itu ada dimana-mana, tetapi kita hidup di dalam kesendirian. Kadang-kadang pergumulan orang kristen, jangankan dunia, keluarga pun tidak bisa mengerti, apalagi zaman, zaman ini tidak bisa mengerti kita, kita diminta untuk mengikuti zaman, menyesuaikan diri dengan zaman dst. Kalau kita setia mengikuti Tuhan di tengah-tengah pergantian dan pergeseran zaman, kita akan gemetar melihat apa yang sedang kita hidupi, apalagi kalau pergumulan kita tidak bisa kita share kepada semua orang.
Kalau kita tidak bisa share, mari kita berdoa, curahkan isi hati kita kepada Tuhan, seperti Daud berkata, Tuhan adalah tempat pelarianku, mari kita datang kepada Tuhan, kita seperti Hana, mencurahkan isi hatinya kepada Tuhan. Kadang saya sebagai hamba Tuhan, sendiri di tempat kerja, merenungkan firman lalu berdoa, itu saat yang sangat indah. Berhenti dari kebisingan dunia dan kita sendiri bersama dengan Tuhan, ini indah sekali, kita bisa share sama Tuhan, lalu kita dikuatkan lagi. Waktu fajar menyingsing kita boleh menghadapi hidup dan menghadapi zaman dengan kekuatan yang Tuhan berikan. Kalau saat-saat seperti itu hilang dari kehidupan kita, kita bisa lari ke tempat yang salah, mari kita lari bersama Tuhan, bergumul dengan Tuhan di dalam kesendirian itu. Inilah zaman dan inilah representasi pergumulan hidup kita, berjalan sendiri di tengah-tengah zaman yang melawan Tuhan.
Kedua, berjalan di dalam Tuhan artinya berjalan di dalam anugerah Tuhan, inilah perjalanan hidup dari Nuh. Kita melihat bahwa Tuhan memberikan penyelesaian kepada Nuh di dalam pergumulan hidupnya. Bagian yang indah dalam bacaan kita tadi adalah dikatakan, setelah semua masuk, Tuhan menutup pintu, apa artinya? Ini bukan soal tutup pintu, ada empat orang lebih disitu, mereka bisa menutup pintu, tidak perlu kuatir, tapi poinnya bukan itu, Tuhan menuntun mereka sampai kepada titik akhir, Tuhan hadir di dalam perjalanan hidup Nuh sampai titik terakhir sampai selesai. Luar biasa, ini motherly love, bandingan seperti ini yang mirip sekali dalam Taurat yaitu dikatakan, Tuhan tetap memberikan manna kepada orang Israel sampai buah pertama dari tanah perjanjian itu dihasilkan. Tuhan yang setia, kesetiaan Tuhan itu sampai titik yang terakhir, Tuhan hadir menyertai sampai tanah perjanjian menghasilkan buah yang pertama, baru Tuhan berhenti memberikan manna.
Yohanes 1 mengatakan, dari kasih karunia kepada kasih karunia, kasih karunia itu bukan hanya berhenti di dalam keselamatan ketika kita bertemu dengan Kristus, tetapi kasih karunia itu form grace to grace bukan hanya from faith to faith di dalam Roma 1. Maka kalau kita melihat Yohanes 1 kita boleh mendefinisikan hidup kristen sebagai perjalanan hidup dari anugerah kepada anugerah, itulah kekristenan. Kekristenan itu bukan hanya ke gereja, pelayanan, bukan, tetapi kekristenan itu adalah from grace to grace, dari anugerah kepada anugerah, kita mengalami kesabaran Tuhan. Luar biasa, Tuhan itu sabar membimbing Nuh dalam perjalanan hidupnya bersama dengan Tuhan. Tuhan memberikan anugerah, dikatakan, Tuhan membuat perjanjian, reformed percaya ini sebagai covenant of grace, yang dimulai dari Nuh. Setelah Adam jatuh dalam dosa dimulai perjanjian anugerah, mulai dari Nuh.
Salah satu bagian yang menarik sekali di dalam bagian kita baca mengenai Nuh adalah Tuhan mengatakan, Dia membuat tanda supaya Dia ingat. Ini saya heran, tanda perjanjian kan diberikan untuk manusia, reformed percaya perjamuan kudus adalah tanda perjanjian, supaya manusia ingat dan bersekutu dengan Kristus. Ingat pada penderitaan Kristus, kata Calvin, tetapi bukan berhenti pada masa lalu, tapi juga masa kini kita bersekutu dengan Kristus. Tanda itu buat siapa? Buat kita manusia, supaya kita jangan lupa akan kebaikan Tuhan. Tanda perjanjian seharusnya buat Nuh, supaya Nuh tidak lupa akan perjanjian itu, tetapi dikatakan, tanda perjanjian itu supaya Tuhan ingat, Apa Tuhan bisa lupa? Tidak mungkin.
Kalau kita telusuri kitab Kejadian dari permulaan, kita akan menemukan ada satu fakta yang menarik sekali, kita menemukan kata ingat itu ternyata selalu dipakai untuk Tuhan. Allah ingat kepada Abraham, Allah ingat kepada Rahel, Allah ingat kepada Nuh, Allah ingat kepada perjanjian, ini mengherankan. Kata ingat dipakai untuk manusia mulai dari Yusuf, Yusuf mengatakan pada dua juru minum itu, kalau kamu dipulihkan, ingatlah aku, lalu dikatakan lagi, setelah yang satu dipulihkan, dia tidak lagi ingat akan Yusuf. Saat berbicara tentang Tuhan, Tuhan ingat akan Nuh di dalam bahtera, ketika bicara manusia, dikatakan, manusia tidak ingat kebaikan kawannya, jangankan kebaikan Tuhan, kebaikan kawannya saja yang dia lihat, dia tidak ingat. Tuhan terus ingat, sebaliknya di dalam kitab Petrus dikatakan bahwa ketika Tuhan mengampuni dosa kita, Tuhan tidak lagi ingat, ini juga heran, Tuhan ingat kita dalam penderitaan, tetapi Tuhan tidak ingat akan dosa kita.
Coba kita bayangkan, kalau kita lihat orang lain, jangankan satu jam atau satu menit, satu detik saja kita sudah ingat semua dosanya, tetapi Allah yang maha tahu dikatakan, tidak lagi ingat dosa kita. Ketika Tuhan membicarakan tentang Daud, jarang kita temukan Tuhan mengungkit akan dosanya, setiap kali Tuhan berbicara tentang Daud, Tuhan berkata, Daud adalah hamba yang berkenan dihatiku. Kalau orang tahu dosa kita lalu orang itu memuji kita, pasti kita ada rasa malu, betul tidak? Tuhan itu tidak ingat dosa kita, Tuhan ingat penderitaan kita, inilah gambaran yang diceritakan dalam Kejadian waktu kita membaca mengenai Nuh, mengenai Abraham dll. Manusia itu waktu susah ingat Tuhan, waktu berkelimpahan lupa Tuhan, lalu kapan lagi ingat Tuhan? Ya waktu susah lagi baru ingat Tuhan, salah satu stage di dalam hidup manusia yang paling sulit itu adalah stroke, karena stroke itu perasaan hopeless, perasaan nothing, perasaan tidak berguna begitu nyata. Mari kita belajar untuk mengingat Tuhan, Tuhan mengingat kita, itulah anugerah yang Tuhan berikan. Berjalan bersama Tuhan di dalam hidup itu adalah perjalanan anugerah, di dalam motherly love, di dalam kesetiaan Tuhan, kita bersyukur, bukan tanpa pengharapan.
Ketiga, berjalan bersama Tuhan artinya adalah perjalanan di dalam ketaatan kepada Tuhan. Nuh taat, kita jelas membaca ini di dalam Kejadian 6 dan 7, seluruh perintah Tuhan dia laksanakan. Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan kepada kita semua berkenaan dengan bagian ini yang sangat menarik untuk kita pikirkan. Dalam 4 pasal (6-9) kitab Kejadian ini berkali-kali saya membaca, saya tidak menemukan Nuh berbicara satu kalipun, kecuali dibagian belakang, berkat dan kutuk.
Kecenderungan kita untuk diam atau tidak berkomentar kalau sesuatu itu biasa, kalau seseorang pertama kali ke GRII KG dia berkata wah luar biasa, lalu dia lihat-lihat, tetapi kalau sudah berkali-kali, ya sudah biasa, paling hanya pengurus saja yang lihat-lihat, ada sampah atau tidak, ini beres atau tidak dst., karena sudah biasa. Kepala prajurit, kenapa dia tertarik kepada penyaliban Tuhan Yesus? Sebenarnya dia sudah biasa menyalibkan ribuan orang, saya melihat ada dua hal yang membuat dia tertarik, hal pertama, dia melihat penyaliban Yesus tidak ada kutukan, Yesus tidak memaki (karena biasanya orang yang disalib itu akan memaki-maki), yang kedua, kematian Yesus berlangsung begitu cepat, dua penjahat itu belum mati, maka dipatahkan kakinya, tetapi Yesus sudah mati. Waktu mayat Yesus diambil oleh Yusuf dari Arimatea, diberitahukan kepada Pilatus, Pilatus heran bahwa Yesus sudah mati, Markus mencatat demikian.
Yang menjadi poin saya adalah setiap kali ada yang menarik, kita harus berkomentar dan sekarang komentar itu ada dimana? Ada di BBM, ada di facebook, orang yang melihat langsung bis terbalik di Cisarua, tidak mungkin dia diam saja, dia pasti akan berkomentar. Tetapi Nuh ini tidak komentar sama sekali, ini peristiwa besar, seluruh zaman itu akan dimusnahkan dan Nuh tidak bertanya. Ketika Zakaria dan Maria menerima berita tentang mukjizat, Elizabeth yang mandul dan Maria yang perawan, mereka bertanya, bagaimana mungkin? Bedanya adalah Zakaria bertanya dalam keraguan, Maria bertanya dalam keyakinan, maka Zakaria dihukum. Sekarang Nuh mendengar berita bahwa seluruh dunia akan dimusnahkan, dia diam saja, Tuhan bilang kepada Musa, Israel akan dimusnahkan dan Aku membangun kerajaan daripada keturunanmu, Musa bilang, jangan Tuhan, ingatlah pada perjanjian, dia bicara.
Tuhan mau memusnahkan seluruh dunia dan Nuh ada keluarga, dia ada adik, ada orang tua kalau masih hidup, ada mertua, ada besan, ada ipar dan Nuh no comment, ini aneh, apa maksudnya? Saya membaca secara positif, Nuh mempunyai ketaatan yang luar biasa, kenapa? Ketaatan ini mirip dengan ketaatan Yusuf ketika Tuhan memberiahu dia mengenai kelahiran Tuhan Yesus. Di dalam pencatatan injil ada 2 injil yang mencatat kelahiran Yesus, ada 2 saksi, Matius dan Lukas, menarik sekali Lukas mencatat versi Maria dan Matius mencatat versi Yusuf. Waktu mencatat mengenai Yusuf ditemukan juga fenomena yang sama, Yusuf tidak bicara satu kalipun, tidak dicatat dia bicara meski dia bicara, Yusuf PL tidak dicatat dia berdosa, meskipun dia berdosa, Yusuf PB tidak dicatat dia berbicara, meskipun dia berbicara.
Saya menyimpulkan ketaatan Yusuf dan ketaatan Nuh di dalam tiga istilah: pertama, no objection, tidak ada keberatan, kedua, no question, tidak ada pertanyaan, ketiga, no tention, tidak ada ketegangan, ini ketaatan mereka. Kegelisahan, pergumulan mungkin ada, tetapi insignificant, tidak penting, tidak perlu dicatat, di overcome, pasti ada pergumulan, tidak mungkin tidak, kecuali patung. Nuh itu manusia, pasti ada kegelisahan, bukannya patung, kalau dia manusia, pasti bergumul, tetapi dia bisa tangani, dia taat. Satu lagi ketaatan Nuh yang luar biasa adalah ketika Nuh membuka pintu bahtera, dia survei, sudah kering, Nuh itu orang kalau zaman sekarang seorang yang profesional, dia memiliki prosedur, visibly studiesnya luar biasa, dia kirim burung gagak, kirim merpati beberapa kali, terakhir dia buka sendiri, itu luar biasa. Nuh itu orang yang bertanggung jawab, dia sudah buka pintu dan kering, dia tidak melangkah, ini ketaatan, kapan dia melangkah? Waktu Tuhan berkata kepada Nuh, keluar, baru dia keluar.
Meskipun kita orang kristen, kadang-kadang ketika peluang baik datang, kita lupa bergumul, betul tidak? Jangankan saudara, hamba Tuhan saja bisa jatuh dalam dosa seperti ini, hamba Tuhan kalau melihat buku bagus yang harga miring, lupa tanya Tuhan, jangankan tanya istri, yang penting beli dulu. Seringkali kita memakai prinsip yang begitu bagus, kalau bukan saya siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan di sini dimana lagi? Langsung beli, sesudah beli baru bergumul, sebagai orang kristen seringkali kita seperti itu. Nuh tidak seperti itu, dia bertanggung jawab dan dia taat sama Tuhan. Ini mirip seperti 10 pengintai, kita harus melihat secara proporsional, mereka adalah orang yang baik, mereka mengadakan survei, bukan seperti hari ini melakukan skripsi memakai data fiktif. Mereka datang survei dan membuat laporan, laporan itu mulai dari yang negatif kemudian positif. Problem dari 10 pengintai itu bukan problem profesionalitas, bukan, tetapi problem iman, mereka melihat persoalan dari kaca mata manusia, bukan dari kaca mata Tuhan, Yosua dan Kaleb melihat persoalan dari kaca mata Tuhan, itu yang membedakan.
Keempat, berjalan bersama Tuhan artinya adalah di dalam naik turun iman, ada hal yang luar biasa dan juga ada hal yang sulit. Nuh begitu keluar dari bahtera, hal pertama yang dia lakukan adalah mendirikan mezbah, dia mengutamakan Tuhan. Kalau Nuh hidup dalam zaman sekarang maka jangan kuatir, dia tidak akan update facebook, kalau kita yang hidup zaman sekarang, begitu turun dari mezbah, langsung foto, weeiih… coba lihat ya, bersih… foto langsung update status, iya kan? Hal pertama waktu kita bangun pagi itu Tuhan atau TV One? Hal pertama yang dilakukan Nuh adalah mendirikan mezbah, Nuh orang yang beriman, Ibrani 11 mengatakan, Nuh adalah orang yang beriman, dia taat meskipun tidak melihat sesuatu, disitulah kita melihat, iman menurut Ibrani 11:7 dalam cerita mengenai Nuh, iman selalu mengandung elemen tidak kelihatan.
Kadang-kadang orang mengatakan, Tuhan perlihatkan baru saya percaya, itu bukan iman, iman itu harus ada hal yang tidak kelihatan. Tuhan buktikan, baru saya percaya, itu bukan iman, itu penelitian, iman itu memang justru tidak kelihatan, waktu tidak kelihatan itu, kita belajar untuk percaya, invisible hand of God, tangan Allah yang tidak kelihatan, disitu kita belajar percaya, itulah iman. Kalau kita lihat, orang zaman dulu itu imannya lebih besar daripda kita zaman sekarang ini, zaman dulu, kalau orang berangkat dari Surabaya ke Jakarta naik kereta, dia telepon ke rumah Jakarta, mama saya berangkat ya, hati-hati ya, ya sudah. Kalau sekarang ini ada HP, baru keluar rumah sudah ditelepon, sudah berangkat belum? Setiap lima menit telepon, sudah dimana? Telepon terus, akhirnya semakin kita ada HP, ada teknologi, malah semakin kuatir. Orang ke gereja saja susah mematikan HP, kita tidak lagi mendengar God’s calling, tapi phones calling, kita bergumul mendengarkan isi hati Tuhan, tiba-tiba bunyi sms, lalu dibuka, ternyata sms iklan, akhirnya khotbah hilang dan lewat, karena diganggu oleh sms.
Yang terakhir kita melihat Nuh mengakhiri hidup dengan tidak enak, ini titik down dalam hidupnya, dia mabuk dan dia menjadi telanjang, tetapi seluruh cerita mengenai Nuh diakhiri dengan luar biasa. Ketika catatan alkitab mengakhiri seluruh cerita yang ada di Kejadian dan dicuplik dimana-mana, seluruh cerita itu berakhir dengan kesaksian Petrus, dalam 2 Petrus 2, Nuh adalah pemberita kebenaran itu, ditutup dengan pengakuan Tuhan melalui Petrus. Dalam 2 Petrus 2 Tuhan tidak mengingat lagi dosa daripada Nuh, itulah anugerah Tuhan. Ibrani 11 menuliskan, oleh Nuh dunia dihukum, Calvin juga berkata, ketaatan Nuh mengkonfirmasi bahwa dunia patut dihukum oleh Tuhan.
Khotbah hari ini akan ditutup dengan kutipan dari John Piper, kadang-kadang orang kristen berpikir, setelah dia diselamatkan, dia berbuat baik, dia membalas anugerah Tuhan, John Piper mengatakan, usaha membalas anugerah Tuhan itu adalah menghina anugerah, karena anugerah tidak bisa dibalas. Lalu dia balik kalimat ini, dia katakan, ketika kita menjadi orang kristen, kita bisa berbuat baik, kita bukan membalas anugerah, tetapi kita berhutang lebih banyak anugerah lagi. Kalau begitu, hidup kristen dalam pandangan ini adalah hutang anugerah yang tidak habis-habisnya dan tidak pernah mungkin kita balas, yang kita lakukan itu membuktikan anugerah Tuhan berikan. Kalau seluruh catatan mengenai Nuh boleh diakhiri dengan begitu baik, itu membuktikan bahwa anugerah Tuhan tidak hanya berhenti di air bah, tetapi tetap sepanjang hidup, bahkan sejarah setelah hidup Nuh tetap ada anugerah Tuhan yang menyertai. Amin.
Ringkasan khotbah ini belum diperiksa oleh pengkhotbah (AS)